Tuesday, January 20, 2009

Pelantikan Obama Ancam Jaringan Telekomunikasi


Fino Yurio Kristo

Washington - Pelantikan Barack Obama sebagai presiden AS di Januari 2009 mendatang diprediksi bisa membuat jaringan telekomunikasi tumbang. Sebab, akan banyak orang yang saling berkirim pesan atau bicara via ponsel secara bersamaan pada even besar ini.

Diperkirakan ada sekitar 4 juta warga AS yang tumpah ruah menghadiri pelantikan tersebut di Washington. Hal ini membuat operator ponsel di Amerika sibuk. Mereka kalang kabut berlomba-lomba memperkuat kapasitas jaringan untuk mengantisipasi peningkatan drastis panggilan ponsel dan SMS.

Operator Sprint Nextel Corp misalnya, memperbesar kapasitas di BTS, menambah koneksi telepon serta memakai truk satelit di sekitar Washington.

Operator lainya seperti AT&T Inc, Verizon Communications, dan Deutsche Telekom AG juga melakukan hal yang kurang lebih sama. Operator T-Mobile menyatakan bahwa investasi untuk persiapan even pelantikan Obama ini mencapai jutaan dollar.

Merekapun cukup optimis mampu membuat telekomunikasi tetap lancar. 'Kami siap. Kami tahu bagaimana menyediakan layanan dalam even-even raksasa," kata Mark SIegel, juru bicara AT & T yang dilansir ComputerWorld.

No comments:

Post a Comment